Kamis, 24 Juni 2010

Koneksi internet di ubuntu 10.04

Bookmark and Share

Kmaren baru instal ubuntu 10.04, pinjam dari salah satu tmen kampus. Jujur saya belum tau apa apa soal linux atau pun ubuntu. Dulu pernah nginstal di pc, tp cuma bertahan sehari, karna gak ngerti jadi format lagi.. hehhe...

Sama seperti para newbie lain nya, saya mendapat kendala dalam menginstal sistem oprasi aneh ini... kenapa saya bilang aneh, ya karna aneh.. karna susah.. hehhe..
Kendala saya waktu pertama kali adalah sewaktu menginstal ubuntu 10.04, saya bingung soal pembagian partisi nya, beruntung waktu itu saya di bantu oleh seorang tman, tpi aneh nya apa yang terjadi di laptopnya sama laptop saya sangat berbeda, mulai dari partisi yang gak berwarna hitam setelah di buat baru, tetapi menjadi kuning, tapi saya uda tau di mna salah nya saya.

Pada saat itu saya memakai 2 os dalam satu laptop, maklum karna gak bisa beli dua..hhehe. Dan saya memakan acer 4732z.

Nah kembali dengan permasalahan nya, permasalahan nya yang kedua ada pada settingan internet nya, berbeda dengan laptop milik teman saya yang tidah ada masalah dalam koneksi internet, laptop milik saya bermasalah soal driver wireless nya, pada saat di windows saya pake broadcom karna atheros bawaan toko gak bisa di instal. Sayang nya broadcom saya tidak competible dengan linux. Aduuuh makin pusing.

Setelah itu saya keliling google untuk mencari si broadcom, setelah capek capek nyari sampai gan tidur akhir nya ketemu, namun karna saya emang gak pande pake linux saya pun gak bisa nginstal nya.. huuh..

saya coba pakai modem smart, di sini saya memakai modem  dari smart yang ztemt EVDO. Setelah saya coba pun ttp gak bisa, karna gak suport jga, kemudian saya baca" di google katanya awal nya smart emang gak kebaca, karena di deteksi sebagai usb, bukan sebagai modem, saya pun mencari keliling google untuk mencari tau bagai mana merubah nya, dan akhir nya ketemu satu artikel yang berisi cara untuk merubah kelemahan itu.

saya coba dan gagal.. hhuuh...


kemudian saya coba pakai windos, di sini saya pkai windiws 7. Emang klo di windows7 lancar" ja, gak ada masalah, lalu saya penasaran, saya restart laptop, tanpa diskonek kan modem yang telah terhubung dengan internet pada saat windows7 tadi, kemudian saya langsung aktifkan ubuntu nya,,

setelah kurang dari semenit saya tercengang, icon wireless di kanan atas uda gak ada tanda seru nya lagi, namun bertubah menjadi tanda sinyal sama seperti pada windiws.. saya pun tes buka mozila.. dan akhir nya tanpa di setting apa" koneksi internet saya sudah berjalan nomal, hehhe.. :D


lebih terkejut lagi muncul saran untuk mengundate si broadcom, langsung cepat" saya update, dan.. eng ing eng.. wireless saya menjadi aktif.. hhuuii..

skarang sudah tidak ada masalah lagi dengan koneksi internet di ubuntu, dan saya langsung mendownload aplikasi" untuk ubuntu, dan akhir nya si pinguin ini pun semakin hebat.. :D

oke.. sepertinya sekian dlu, karna saya mau main main sama pinguin dlu, mudah2an pengalaman saya ini berguna bagi anda yang sedang berkeliling di google dan sampai di sini..

sampai jumpa di postingan berikut nya..


http://junkelse.blogspot.com


Artikel yang berhubungan



4 komentar:

sodiyc & acun mengatakan...

Sob cara insatal ubuntu gmna ya...?

samsul mengatakan...

nice post... keep post usefull thing...

Anonim mengatakan...

capek bacanya..... :iq

junkelse mengatakan...

@sodiyc: mulai dari mna ya sob..
mending googling ja deh sob.. banyak kok tutorial nya di internet betebaran dan gampang pula..

Posting Komentar

Followers


junkelse by Junkelse. Powered by Blogger and Supported by kuchino.blogspot.com